Senin, 16 Februari 2015

Check Service di linux dengan shell script



Apabila kita familiar dengan system operasi linux, tentunya gak asing dengan yang namanya service.
Tentunya sebuah aplikasi gak akan jalan jika servicenya mati. Sangat buang - buang waktu apabila kita harus mengamati service tersebut setiap  saat.

Hal inilah yang terjadi pada diri saya. Entah kenapa service sms di server yang sedang saya maintenance mati setiap saat tanpa sebab yang jelas. Akibatnya banyak data inbox / outbox yang tidak terinsert di mysql. Sudah tentu saya dapat ceramah dari bos setiap kali ada data yang hilang.

Akhirnya setelah browsing mbah google, saya berhasil membuat script untuk monitoring service dengan menggunakan shell script. kenapa saya memilih shell script? karena instalasi nya gampang. Setiap menginstall linux pasti terinclude compiler shell script.

berikut contoh nya script untuk monitoring service script php.

#!/bin/bash
service="php"

if (( $(ps -ef | grep -v grep | grep $service | wc -l) > 0 ))
then
     echo "$service is running!!!"
else
     /etc/init.d/$service start
fi


simpan script diatas dengan nama file monitoring.sh lalu di chmod 777

setelah itu script diatas didaftarkan di crontab dan dijalankan per menit

*/1 * * * * /path_script/monitoring.sh


selamat mencoba :)

0 komentar:

Posting Komentar