Selasa, 17 Februari 2015

GPS Android susah LOCK pada chipset mediatek

bagi agan yang mempunyai HP android tapi GPS nya susah terlock, mungkin sharing ane bisa digunakan sebagai solusi nya.

biasanya HP android yang susah terlock GPS nya itu produksi china yang menggunakan chipset mediatek. Tidak semua mediatek sih, cuma type tertentu saja dan biasanya yang terdapat di handset yang low end.

syarat untuk repair GPS nya :

1. hp sudah dalam keadaan root
biasanya ane menggunakan frama root untuk melakukan rooting. cari aja aplikasinya di google, atau tinggalkan email di komentar nanti ane kirim via email file apk nya.

2. install terminal emulator
tujuan menginstall terminal emulator untuk memastikan apakah chipset nya benar menggunakan mediatek. terminal emulator bisa didownload di play store.
setelah terinstall jalankan terminal emulator dan ketik perintah seperti di bawah. jika benar menggunakan mediatek lanjutkan step berikutnya :)

mediatek MTK type MT6572
mediatek MTK type MT6572



3. install mobileuncle
mobileuncle bisa di download di playstore. Aplikasi ini untuk fix GPS nya.
Setelah aplikasi dijalankan pilih menu enggineer mode

engineer mode
engineer mode
lalu pilih menu engineer mode ( MTK)

engineer mode option
engineer mode option

geser menu ke kanan lalu pilih menu location -> location base service

location base service ygps
location base service ygps

lalu geser menu ke kanan lagi dan pilih EPO

epo
epo


centang enable EPO dan auto download. setelah itu tekan EPO (IDLE) tunggu sampai proses selesai.
Setelah proses selesai tekan tombol back tampilan akan berubah menjadi seperti dibawah

location base service ygps
location base service ygps

lalu pilih YGPS masuk  ke menu satelites

satelites
satelites


pada bagian bawah akan muncul kualitas sinyal berwarna hijau. jika tidak muncul masuk ke menu information

information
information

tekan tombol hot tunggu 3-5 detik, lalu tekan tombol cold dan tunggu 3-5 detik lalu tekan tombol full dan tunggu 3-5 detik lalu tekan tombol AGPS restart. setelah itu kembali ke menu satelites
dan hasil nya thaaa....thaaa... kualitas sinyal yang berwarna hijau sudah muncul dan gps siap digunakan


selamat mencoba

3 komentar:

  1. saya udah instal mobile uncle. tp setingan masuk enggineer mode mtk gak ada gan. cuma engineer android. padahal hh udah d root. (root checker)

    BalasHapus
  2. kok update EPO failure ya

    BalasHapus
  3. kok update EPO failure ya

    BalasHapus